ARTICLE AD BOX
Jakarta, Gizmologi – Bulan lalu, Shuhei Yoshida mengumumkan pengunduran dirinya dari Sony Interactive Entertainment (SIE). Kariernya di perusahaan tersebut dimulai pada tahun 1986, dan pada 1993 ia terlibat dalam divisi PlayStation yang baru lahir. Sebagai veteran industri Jepang, Yoshida telah berbagi pandangannya melalui berbagai penampilan media dalam beberapa minggu terakhir, menghasilkan banyak tajuk utama.
Dalam sebuah episode podcast berdurasi dua jam (#347) yang tersedia untuk pelanggan Sacred Symbols+, mantan kepala PlayStation ini mengungkapkan bahwa ia mendorong keras konversi judul-judul first-party dari konsol ke platform PC, meskipun rekan-rekannya saat itu enggan mengadopsi praktik tersebut.
Yoshida menjelaskan manfaat dari strategi ini: “Merilis di PC mencapai audiens baru yang tidak memiliki konsol terutama di wilayah di mana konsol tidak begitu populer. Idenya adalah bahwa orang-orang tersebut mungkin menjadi penggemar dari franchise tertentu, dan ketika game baru dalam seri tersebut dirilis, mereka mungkin terdorong untuk membeli PlayStation.” Sony mulai menyesuaikan model eksklusivitasnya beberapa tahun lalu; ambisi yang lebih besar terungkap pada tahun 2024.
Ia melanjutkan pemikirannya: “Ini juga menambah pendapatan tambahan, karena porting ke PC jauh lebih murah daripada membuat judul orisinal… Jadi, ini hampir seperti mencetak uang. Dan itu membantu kami berinvestasi dalam judul-judul baru sekarang karena biaya pembuatan game telah meningkat.” Yoshida percaya bahwa pasar yang sedang berkembang paling baik dilayani dengan rilis di PC.
Ia menyebutkan pasar besar yang hampir belum tersentuh olehmantan rekan-rekannya dapat meraih sukses dengan menargetkan wilayah tersebut dalam waktu dekat “China adalah pasar game PC yang besar… Dan China adalah pasar konsol yang sedang tumbuh tetapi sangat kecil. Untuk menjangkau audiens di negara-negara seperti China, sangat penting untuk merilis di PC. Jadi, saya percaya versi PC benar-benar menjangkau audiens baru.”
Manfaat Strategi Porting Game ke PC

Strategi porting game dari konsol ke PC membawa sejumlah manfaat signifikan bagi pengembang dan penerbit. Pertama, ini memungkinkan akses ke basis pemain yang lebih luas, terutama di wilayah di mana kepemilikan konsol rendah. Dengan merilis game di PC, perusahaan dapat menjangkau audiens yang sebelumnya tidak terjangkau, meningkatkan popularitas franchise mereka.
Kedua, porting ke PC dapat menjadi sumber pendapatan tambahan yang signifikan. Biaya porting biasanya lebih rendah dibandingkan dengan pengembangan game baru, sehingga margin keuntungan bisa lebih tinggi. Pendapatan tambahan ini dapat dialokasikan untuk pengembangan judul-judul baru atau peningkatan kualitas game yang ada.
Ketiga, kehadiran game di platform PC dapat meningkatkan kesadaran merek dan loyalitas pelanggan. Pemain yang menikmati game di PC mungkin tertarik untuk membeli konsol di masa depan untuk mengakses judul-judul eksklusif lainnya, memperluas ekosistem pengguna dan meningkatkan penjualan perangkat keras.
Tantangan dan Pertimbangan dalam Porting Game ke PC

Meskipun memiliki banyak manfaat, porting game ke PC juga menghadirkan sejumlah tantangan yang perlu dipertimbangkan. Salah satunya adalah perbedaan arsitektur antara konsol dan PC, yang dapat mempengaruhi kinerja dan stabilitas game. Pengembang harus memastikan bahwa game berjalan lancar di berbagai konfigurasi perangkat keras PC, yang memerlukan pengujian dan optimisasi ekstensif.
Selain itu, komunitas PC memiliki ekspektasi tinggi terkait fitur-fitur tertentu, seperti dukungan modding, pengaturan grafis yang dapat disesuaikan, dan kontrol yang fleksibel. Memenuhi harapan ini memerlukan upaya tambahan dalam pengembangan dan dukungan pasca-rilis. Kegagalan dalam memenuhi ekspektasi ini dapat berdampak negatif pada reputasi game dan penerbitnya.
Terakhir, masalah keamanan seperti pembajakan dan kecurangan lebih umum terjadi di platform PC. Pengembang perlu mengimplementasikan langkah-langkah perlindungan yang efektif untuk meminimalkan risiko ini, tanpa mengorbankan pengalaman pengguna yang sah. Ini memerlukan keseimbangan yang hati-hati antara keamanan dan kenyamanan pemain.
Secara keseluruhan, porting game dari konsol ke PC menawarkan peluang besar untuk ekspansi pasar dan peningkatan pendapatan. Namun, keberhasilan strategi ini bergantung pada perencanaan yang matang, pemahaman mendalam tentang pasar PC, dan komitmen untuk memenuhi ekspektasi komunitas pemain yang beragam. Dengan pendekatan yang tepat, pengembang dan penerbit dapat memanfaatkan potensi penuh dari platform PC, sambil mengatasi tantangan yang mungkin muncul di sepanjang proses.
Artikel berjudul Shuhei Yoshida dan Strategi Sony: Mengapa Porting Game ke PC Semakin Penting? yang ditulis oleh Christopher Louis pertama kali tampil di Gizmologi.id